Kurikulum

Kurikulum

Kegiatan intrakurikuler Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pembangunan Jakarta berdasarkan pada Capaian Pembelajaran yang telah ditentukan oleh pemerintah. Kegiatan Intrakurikuler dilakukan dengan alokasi waktu mata pelajaran mengacu pada struktur kurikulum berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2025 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah dan Keputusan Menteri Agama Nomor 450 Tahun 2024 tentang Implementasi Kurikulum Pada Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasan Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, dan Madrasah Aliyah Kejuruan.

Dalam hal ini, kegiatan intrakurikuler Madrasah Ibtidaiyah Pembangunan Jakarta mengacu pada konten kurikulum atau struktur kurikulum yang sudah dikembangkan dan ditetapkan oleh pemerintah pusat dan kementrian agama pusat.

1. STRUKTUR KURIKULUM

Alokasi Waktu Mata Pelajaran Madrasah Ibtidaiyah

Fase A (Kelas 1 dan 2)

(Asumsi 1 Tahun = 36 minggu dan 1 JP = 35 menit)

No Mata Pelajaran Alokasi Intrakurikuler
Per Tahun
Alokasi Kokurikuler
Per Tahun
Total Per Tahun
1 Pendidikan Agama Islam
Quran Hadis 72 9 81
Akidah Akhlak 72 9 81
Fikih 72 9 81
2 Bahasa Arab 72 9 81
3 Pendidikan Pancasila 72 9 81
4 Bahasa Indonesia 216 36 252
5 Matematika 216 36 252
6 Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 72 9 81
7 Seni dan Budaya (a)
1. Seni Musik 72 9 81
2. Seni Rupa
3. Seni Teater
4. Seni Tari
8 Muatan Lokal (b)
1. Tahfidz 72 72
2. Tilawati 72 - 72
3. Bahasa Inggris 72 72
4. Coding 72 72
Total 1.224 135 1.359

Keterangan:

a) Satuan Pendidikan menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, dan/atau seni tari).

b) Paling banyak 2 (dua) JP per minggu atau 72 (tujuh puluh dua) JP per tahun.

Alokasi Waktu Mata Pelajaran Madrasah Ibtidaiyah

Kelas III (Tiga) – V (Lima)

(Asumsi 1 Tahun = 36 minggu dan 1 JP = 35 menit)

No Mata Pelajaran Alokasi Intrakurikuler
Per Tahun
Alokasi Kokurikuler
Per Tahun
Total Per Tahun
1 Pendidikan Agama Islam
Quran Hadis 72 9 81
Akidah Akhlak 72 9 81
Fikih 72 9 81
SKI 72 9 81
2 Bahasa Arab 72 9 81
3 Pendidikan Pancasila 72 9 81
4 Bahasa Indonesia 216 36 252
5 Matematika 216 36 252
6 Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial 180 36 216
7 Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 72 9 81
8 Seni dan Budaya (a)
1. Seni Musik
2. Seni Rupa 72 9 81
3. Seni Teater
4. Seni Tari
9 Bahasa Inggris 72 - 72
10 Muatan Lokal (b)
1. Tahfidz 72 72
2. Tilawati / Tadarus 72 - 72
3. Coding 72 72
Total 1.476 180 1.656

Keterangan:

a) Satuan pendidikan menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, dan/atau seni tari).

b) Paling banyak 2 (dua) JP per minggu atau 72 (tujuh puluh dua) JP per-tahun.

Alokasi Waktu Mata Pelajaran Madrasah Ibtidaiyah

Kelas VI (ENAM)

(Asumsi 1 Tahun = 32 minggu dan 1 JP = 35 menit)

No Mata Pelajaran Alokasi Intrakurikuler
Per Tahun
Alokasi Kokurikuler
Per Tahun
Total Per Tahun
1 Pendidikan Agama Islam
Quran Hadis 72 9 81
Akidah Akhlak 72 9 81
Fikih 72 9 81
SKI
2 Bahasa Arab 72 9 81
3 Pendidikan Pancasila 72 9 81
4 Bahasa Indonesia 216 36 252
5 Matematika 216 36 252
6 Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial 180 36 216
7 Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 72 9 81
8 Seni dan Budaya (a)
1. Seni Musik
2. Seni Rupa 72 9 81
3. Seni Teater
4. Seni Tari
9 Bahasa Inggris 72 - 72
10 Muatan Lokal (b)
1. BTQ 72 72
2. Tahfidz 72 - 72
3. Coding 72 72
Total 1.312 144 1.424

Keterangan:

a) Satuan pendidikan menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, dan/atau seni tari).

b) Paling banyak 2 (dua) JP per minggu atau 64 (enam puluh empat) JP per-tahun.

2. Daftar Guru Pengampu

No Nama Guru Mata Pelajaran
1 Drs. Sugiono IPAS (IPS)
2 Wahyudi, M.Pd. Matematika
3 Hj. Sri Nuryati, M.Pd. Pendidikan Pancasila
4 Nurohman, M.Pd. Fiqih
5 H. Muhaemin, M.A. Fiqih
6 Linda Nurlinda, S.Pd. Bahasa Indonesia
7 Syukri Rifa’I, S.Pd.I SKI
8 Firman Hamdani, M.Ag. Bahasa Arab
9 Evi Kusumah, S.Pd. PJOK
10 Abqorina, M.Pd. Fiqih
11 Aceng Fuad Hasim Ikbal, M.Pd. SKI
12 Ade Irmandari, S.Pd. Bahasa Indonesia
13 Afif Abdul Latif, M.A. Al-Qur’an Hadits dan Fiqih
14 Agus Muhamad, M.Pd. Guru Kelas 2
15 Ahmad Fuad Basyir, S.Pd.I Fiqih
16 Ahmad Humaeni Rizki, S.Pd. SKI
17 Ai Yuliawati, S.Pd. Guru Kelas 1 (Bilingual)
18 Ali Ridho, S.Ag. Matematika
19 Anis Musyafahah, M.Ag. Al-Qur’an Hadits dan Tahfidz
20 Anita, S.Psi., S.Pd. BK
21 Bintan Munjiyah Zahroh, S.Pd. Guru Kelas 2
22 Catur Budhi Pangestu, M.Pd. Guru Kelas 1
23 Chitra Sari Nilalohita, S.Pd. Guru Kelas 1
24 Desi Rahmawati, M.Pd. Bahasa Inggris
25 Dewi Sekar Arum, S.Pd. Bahasa Inggris
26 Dhini Kusumawati, S.Pd. Matematika
27 Dhiyak Nabil Syubbani Al-Qur’an Hadits dan Tahfidz
28 Dra. Hj. Umu Sa’diyah Bahasa Indonesia
29 Dra. Retno RPL BK
30 Dra. Ria Ayasatyani, M.Pd. SBDP
31 Drs. Ahmad Santoso Bahasa Indonesia
32 Drs. H. M. Rusdi Matematika
33 Drs. Imam Santoso Bahasa Indonesia
34 Drs. Muttaqillah, M.Pd. Bahasa Indonesia
35 Ema Nursyamsiah, S.Pd.I. Akidah Akhlak
36 Endah Rahmah Hidayati, S.Si. Guru Kelas 1
37 Endang Purwanto, S.Pd.I. Bahasa Arab
38 Firman Al-Amin, S.Pd. Al-Qur’an Hadits dan Tahfidz
39 Ghifari Fadli Akbar, S.Pd. SKI, Akidah Akhlak
40 Gilang Rizky Nindya Putra, S.Pd. PJOK
41 Gusniati, S.Ag. IPAS & Pendidikan Pancasila
42 H. Abdul Halim, S.Ag. Al-Qur’an Hadits dan Fikih
43 H. M. Faiz, M.A. Pendidikan Pancasila, Akidah Akhlak, Fikih, Tahfidz
44 Hafizatul Mukminah, S.T., S.Pd. Guru Kelas 2
45 Handoyo Kusuma, M.Pd. Bahasa Arab
46 Himmatun, M.Pd. Guru Kelas 1
47 Hj. Afifah Hidayati, S.Ag. Pendidikan Pancasila, Akidah Akhlak
48 Hj. Maemunah, S.Pd.I SBDP
49 Iha Sholihah, S.Pd. Bahasa Indonesia
50 Indri Pramasti F., M.Pd. Guru Kelas 1 (Bilingual)
51 Intan Hani A., S.Pd. Math
52 Ira Isnawati, M.Pd. Science
53 Ismihera Humaira, S.Pd. Akidah Akhlak
54 Istikomah, S.Pd. Al-Qur’an Hadits, Tahfidz
55 Jenni Afriyani, S.Pd. Bahasa Inggris
56 Juniar Sofyanti, M.Pd. Matematika
57 Krisdayanti, S.Sos. Al-Qur’an Hadits, Tahfidz
58 Lena Marliana, S.Pd. IPAS
59 Lulu Rosmilia, S.Pd. Matematika
60 Luthfi Yacob, S.Pd. SKI
61 M. Nur Tian D. W., S.Pd. Fiqih
62 M. Muhtarom Salman, Lc Tahfidz
63 Mochamad Devan Gustian, S.Psi. BK
64 Muhammad Aditya Putra, S.Pd. IPAS
65 Muhammad Dahlan, S.Pd. IPAS
66 Muhammad Iqbal, M.Pd. PJOK
67 Muhammad Muhyidin, S.Pd.I. Akidah Akhlak
68 Mumu Munawi, S.Pd. Bahasa Arab
69 Nabila Ilmidini, S.Pd. Guru Kelas 2
70 Nia Marliana, M.Ag. Bahasa Arab
71 Nisrina Nurdiani, S.Pd. English
72 Nurmalasari, S.Pd. Guru Kelas 2
73 Nurrahmy, S.Pd. Bahasa Inggris
74 Puji Nur Hikmah, S.Pd. IPAS
75 Putri Aula Pertiwi, SK., M.Pd. IPAS
76 Ridwan, S.Ag. Bahasa Indonesia
77 Rita Hayati, S.Pd. Matematika
78 Rita Zahara, S.Pd. IPAS
79 Ronny Asfar, S.Pd. PJOK
80 Sarmadan Noor Daulay, S.Pd. Matematika
81 Sikha F. Nafisa, S.Pd. Tahfidz
82 Siti Rofiqoh, S.Pd. BK
83 Sri Hartati, S.Pd. BK
84 Sri Hurhayati, S.Pd.I PPKN, Akidah Akhlak, Fikih, Tahfidz
85 Suharno, M.Pd. SBDP
86 Syifa Fauziah, S.Pd. IPAS
87 Upit Sarimanah, M.Pd. Guru Kelas 1 (Bilingual)
88 Wahyu Nurhidayanti, S.Kom., S.Pd. Guru Kelas 2
89 Wia Bethania, S.Pd. BK
90 Yenny Handayani, S.Pd. IPAS
91 Yeti Hurhayati, S.Pd. Matematika
92 Ziaratul Fadhillah, S.Pd. Guru Kelas 1
93 Zionny Ovy Lyanti, S.Pd. SBDP

3. Sumber dan Media Pembelajaran

No Media Pembelajaran
1 E-Modul
2 Platform Digital
3 Video
4 E-Library

4. Sarana dan Prasarana Pendukung

Berikut adalah beberapa fasilitas pendukung kegiatan belajar mengajar:

5. Capaian Pembelajaran dan Asesmen

Capaian Pembelajaran

Madrasah Ibtidaiyah Pembangunan Jakarta menerapkan Capaian Pembelajaran (CP) yang diatur dalam Permendikdasmen Nomor 13 Tahun 2025 yang merupakan perubahan dari Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024. Regulasi ini menguatkan Capaian Pembelajaran (CP) untuk jenjang PAUD, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah, serta disahkan melalui Keputusan Kepala BSKAP Nomor 046/H/KR/2025.

Jenis Asesmen

Jenis Asesmen yang digunakan seperti yang terdapat pada Kurikulum Nasional yaitu:

  • 1) Asesmen Diagnostik: Asesmen ini dilaksanakan sebelum pembelajaran dimulai untuk mengetahui kemampuan awal dan kebutuhan belajar murid. Contoh: tes literasi awal, numerasi dasar, atau wawancara pemahaman konsep. Hasil asesmen diagnostik digunakan guru untuk merancang diferensiasi pembelajaran.
  • 2) Asesmen Formatif: Asesmen ini dilaksanakan selama proses pembelajaran berlangsung untuk memantau perkembangan belajar dan memberikan umpan balik segera dalam bentuk observasi sikap, tanya jawab, penugasan proyek kecil, jurnal refleksi murid. Pada asesmen ini tidak selalu diberi skor, karena fokusnya adalah perbaikan proses belajar, bukan penilaian akhir. Hasilnya digunakan guru untuk merancang diferensiasi pembelajaran.
  • 3) Asesmen Sumatif: Asesmen ini dilaksanakan setelah satu atau beberapa tujuan pembelajaran tercapai atau di akhir semester. Tujuannya untuk mengetahui tingkat pencapaian capaian pembelajaran (CP). Bentuk asesmen yaitu tes tertulis (uraian, pilihan ganda), penugasan proyek, portofolio hasil kerja murid. Hasil asesmen sumatif digunakan untuk laporan perkembangan belajar (rapor).